Wednesday, January 29, 2014

Rumah ~ Definisi dan Penyusun


Rumah
Rumah adalah salah satu yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu.
Rumah  adalah  bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi manusia atau makhluk lainnya,  termasuk gubuk – gubuk sederhana  dari suku nomaden, sampai yang mempunyai struktur atau bagian yang kompleks (lengkap).



Rumah juga merupakan tempat tinggal permanen atau semi permanen untuk individu (perorangan), keluarga, rumah tangga, atau beberapa keluarga dalam satu suku.

Penyusun Rumah
Sebagai bangunan, rumah berbentuk ruangan yang dibatasi oleh dinding dan atap.
Dinding adalah pembatas ruangan di rumah. Dinding berfungsi untuk menyokong langit – langit dan atap, membagi ruangan, serta melindungi dari cuaca. Dinding dibuat dari tanah, bebatuan, atau kayu – kayu.

Atap adalah penutup bagian atas yang melindungi bagian dalam bangunan dari hujan maupun salju.
Bentuk atap ada yang datar dan ada yang miring. Walaupun datar atap dibuat sedemikian rupa agar air bisa mengalir jatuh (Misalnya dibuat lubang untuk air mengalir).
Bahan untuk atap bermacam – macam, diantaranya : genting dari keramik atau beton, seng bergelombang, asbes, maupun semen cor.
Ada juga atap yang dibuat dari genteng metal yang sangat ringan, tahan lama, anti karat, dan tahan gempa. Beberapa jenis tumbuhan menghasilkan bahan atap tradisional seperti kayu ulin, daun rumbia, kelapa, enau, dan nipah.
Rumah memiliki jalan masuk berupa pintu dengan tambahan berjendela. Pintu adalah bukaan pada dinding yang memudahkan sirkulasi udara atau keluar masuk. Pintu biasanya ditemukan pada bangunan rumah atau benda – benda seperti lemari. Kebanyakan pintu terbuat dari kayu, dan selebihnya untuk penggunaan terbatas terbuat dari aluminium, besi, atau plastic PVC (Poly vinyl chloride).

Rumah dapat berfungsi sebagai :
v  Melindungi hewan – hewan buas
v  Tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman
v  Tempat untuk beristirahat
v  Tempat berkumpulnya keluarga
v  Tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat



Share:

0 comments:

Post a Comment